Sunday, July 3, 2011

Pameran Ilustrasi Cerpen Kompas 2010


Pameran Ilustrasi Cerpen Kompas 2010

Sejak digelar pertamakali pada tahun 2003, Pameran Ilustrasi Cerpen Kompas menjadi agenda seni tahunan surat kabar terbesar di Indonesia itu. Dengan perkecualian pada tahun 2004, di mana pameran gagal diselenggarakan, Pameran Ilustrasi Cerpen Kompas hingga kini telah berlangsung delapan kali. Pada pameran kali ini ditampilkan 50 karya senirupa yang selama ini menjadi ilustrasi cerpen-cerpen pada Kompas Minggu sepanjang tahun 2010.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karya seni yang ditampilkan kali ini tidak hanya berupa lukisan, namun juga fotografi, patung, instalasi, bahkan video.

Beberapa artis yang karyanya dipajang di sini antara lain Ade Darmawan, Agus Purnomo, Agus Budiyanto, Angki Purbandono, Bob Yudhita Agung, Bunga Jeruk, Danarto, Dewa Ardana, Eddi Prabandono, Ipong Purnama Sidhi, Laksmi Shitaresmi, dan Ong Hari Wahyu. Pameran berlangsung di Bentara Budaya Jakart, dari tanggal 28 Juni-5 Juli 2011. Setelah itu, pameran juga akan dilangsungkan di Bentara Budaya Bali, Balai Soedjatmoko Solo, dan Bentara Budaya Jogjakarta.

Pameran Colored Conersance

Pameran Colored Conersance akan digelar di Galeri Nasional Indonesia, Jalan Merdeka Timur No 14, Jakarta, tanggal 2 – 10 Juli 2011. Pameran menghadirkan sejumlah artis dari Indonesia dan China yaitu Dadan Setiawan, Edo Pilu, Ferry Widiantoro, Agung Fitriana, Chenng Chunmu, Song Yonghua, Qian Gang, Xie Xiaobing, dan Zha Jin Xi.

Pameran Tunggal Seni Grafis Winarso Taufik

Winarso Taufik, peraih penghargaan pertama pada Trienal Seni Grafis Indonesia tahun 2009, akan menggelar karya-karyanya di Bentara Budaya Jakarta, 15 – 23 Juli 2011. Pameran juga akan diusung ke Bentara Budaya Jogjakarta, Bali dan Balai Soedjatmoko Solo. Dengan kurator Hendro Wiyanto, pameran akan menampilkan 30 karya cukil kayu WinarsoTaufik. Pria kelahiran Kebumen, Jawa Tengah, 7 November 1977, dan lulusan ISI Jogjakarta ini, merupakan salah satu seniman muda yang menggeluti seni cukil kayu. Selain Winarso, seniman muda yang konsisten dengan teknik cukil kayu yaitu Irwanto Lentho, yang beberapa waktu lalu juga tampil di Bentara Budaya Jakarta.

No comments:

Post a Comment